Senin, 13 Juli 2015

Cara Mengatasi "A disk read error occurred Press Ctrl+Alt+Del to restart"

Bootmgr is missing Press Ctrl+Alt+Del to restart, itulah pesan error pada komputer anda Ketika anda
mencoba untuk memulai / menjalankan  Windows . Kesalahan ini menunjukan bahwa boot sector pada komputer anda rusak atau hilang. Kerusakan seperti ini bisa terjadi pada siapa saja dan Cara memperbaiki Bootmgr is missing tidak terlalu rumit asalkan paham langkah-langkahnya.untuk itu saya akan memberitahukan caranya simak baik baik :

1). Cek kabel data Harddisk anda
Mungkin kabel data dari motherboard ke harddisk kendor atau terjadi kerusakan, silahkan coba lepas dan pasang kembali. Kalau masih belum bisa coba digantikan dengan kabel baru.


2). Ganti mode Master atau Slave
Ini kalau harddisknya masih bertipe ATA yang sudah sangat jarang ditemukan sekarang karena sudah tidak dijual lagi barunya. Coba lepas harddisk anda dan cek dibelakangnya ada semacam switch atau jumper untuk mengubah mode dari Master ke Slave dan sebaliknya. Sedangkan pada tipe SATA sudah tidak ada mode – mode semacam ini.


3). Reset konfigurasi BIOS
Alternatifnya coba reset setting BIOS anda, kembalikan ke default. Cara akses BIOS adalah dengan menekan tombol F2 atau Delete saat pertama kali menyalakan komputer.


4). Lepaskan baterai CMOS
Masih berhubungan dengan BIOS, kalau setting default tidak membantu anda maka coba lepaskan baterai CMOS di motherboard dan pasang kembali.


5). Repair instalasi Windows
Cara ini mewajibkan anda memiliki installer Windows, silahkan booting menuju DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup Windows. Tapi janganlah memilih install ulang, Silahkan cari Repair Windows installation. Yang dilakukan sebenarnya adalah seluruh file sistem Windows akan diganti yang baru sehingga akan normal kembali.


6). Memperbaiki booting Windows
Sekali lagi kita masih membutuhkan installer Windows, tapi kali anda mengakses command prompt. Kemudian ketikkan perintah:
[-] fixmbr dan tekan ENTER. (untuk memperbaiki MBR (Master Boot Record))
[-] fixboot , tekan ENTER. (untuk memperbaiki setting boot Windows)
Keluar dari command prompt dan restart.


Sekian artikel ini , semoga bermanfaat dan semoga berhasil :)

0 komentar:

Posting Komentar